> Indonesia > Detail Berita
4 Alasan Timnas Indonesia Bisa Jadi Juara Piala AFF 2022: Generasi Emas hingga Shin Tae-yong!
{by} bola.net


live.7mbola.com - Piala AFF 2022 semakin mendekat. Timnas Indonesia mengincar gelar juara pada edisi kali ini. Tim Merah Putih sudah sangat penasaran mengangkat trofi kebangaan di sepak bola ASEAN.

Sejak digelar pada 1996 silam, Timnas Indonesia memang tak pernah absen. Namun, sejauh ini Skuad Garuda sama sekali masih belum bisa menjadi juara.

Prestasi yang selama ini lekat dengan Timnas Indonesia adalah enam kali meraih status runner-up di ajang Piala AFF. Tidak ada negara lain di Asia Tenggara yang menyamai pencapaian Timnas Indonesia.

Di Piala AFF 2022, Timnas Indonesia tergabung di Grup A. Skuad Garuda bakal menghadapi Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Setiap tim kebagian jatah bertanding dua kali kandang dan dua tandang di babak penyisihan. Timnas Indonesia kedapatan menjamu Kamboja dan Thailand.

Penyetopan Liga 1 2022/2023 kemungkinan tidak akan terlalu memengaruhi persiapan Timnas Indonesia mengejar trofi Piala AFF 2022. Apa saja yang mendasari sayap-sayap Skuad Garuda bisa terbang setinggi-tingginya?


Sedang Gacor

Sudah terlalu lama Timnas Indonesia tidak meraih gelar turnamen mayor, termasuk Piala AFF. Tahun ini menjadi waktu yang tepat bagi Skuad Garuda menggondol trofi ke Tanah Air.

Timnas Indonesia sedang gacor-gacornya di pergaulan internasional. Skuad Garuda mampu mengalahkan Curacao dua kali dalam uji coba FIFA Matchday pada September 2022.

Padahal, secara ranking FIFA, Curacao jauh di atas Timnas Indonesia. Trofi Piala AFF akan melengkapi pencapaian Skuad Garuda di tahun ini yang juga mampu lolos ke putaran final Piala Asia 2023.

"Soal juara, itu tidak ada yang tahu. Meski begitu, dalam setiap turnamen, saya 100 persen akan menuangkannya," tutur pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.


Generasi Emas


Skuad Timnas Indonesia sedang dalam generasi emas. Para pemain tengah menikmati kariernya baik di dalam maupun luar negeri.

Sejak Shin Tae-yong melatih pada 2020, wajah Timnas Indonesia berubah. Skuad Garuda kini jauh lebih fresh dengan pemuda semacam Witan Sulaeman hingga Egy Maulana Vikri.

Timnas Indonesia juga mempunyai delapan pemain yang berkarier di luar negeri untuk persiapan Piala AFF 2022. Keberadaan kedelapannya tentu bakal menebal kualitas Skuad Garuda.

"Ini tanda yang sangat positif. Tapi, para pemain di luar negeri harus menunjukkan yang lebih baik lagi dari sekarang," jelas Shin Tae-yong.


2 Pemain Naturalisasi Baru


Kehadiran dua pemain naturalisasi baru, Sandy Walsh dan Jordi Amat bakal berguna buat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 dari segi kemampuan dan pengalaman.

Keduanya bukan pemain ecek-ecek. Sandy Walsh bermain untuk klub Belgia, KV Mechelen. Sementara Jordi Amat, jebolan La Liga dan Premier League, membela Johor Darul Ta'zim (JDT) di Malaysia.

Lini belakang Timnas Indonesia menjadi yang paling diuntungkan dengan adanya keduanya. Sebab, Sandy Walsh berposisi sebagai bek sayap kanan, sedangkan Jordi Amat bek tengah.

"Saya ingin membawa Timnas Indonesia menjadi yang terbaik di Asia Tenggara dan turnamen besar," imbuh Sandy Walsh.


Shin Tae-yong Jaga CV


Shin Tae-yong perlu menjaga curriculum vitae-nya (CV) sebagai pelatih kelas dunia dengan membawa Timnas Indonesia ke tangga juara Piala AFF 2022.

Jika gagal, maka rapor Shin Tae-yong terancam jeblok. Arsitek berusia 53 tahun itu bakal dikenang sebagai pelatih Timnas Indonesia yang gagal di level Asia Tenggara.

Trofi Piala AFF 2022 dapat mempercantik portofolio Shin Tae-yong meski sekadar turnamen Asia Tenggara belaka. Setidaknya, pria asal Korea Selatan itu dapat menghadirkan gelar buat Timnas Indonesia.

"Dengan adanya tragedi Kanjuruhan, saya merasa bertanggung jawab atas kesedihan masyarakat. Jadi, target timnas dan saya adalah menjadi juara di Piala AFF 2022," ujar Shin Tae-yong.

Gawat! Elkan Baggott Baru Bisa Perkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 Andai Lolos ke Semifinal?

Pembagian Grup Piala AFF 2022


Grup A

Thailand
Filipina
Indonesia
Kamboja
Brunei Darussalam

Grup B

Vietnam
Malaysia
Singapura
Myanmar
Laos

Eks Liverpool: Liga Primer Wajib Copot Gelar Manchester City!

live.7mbola.com - Manchester City didakwa melanggar peraturan finansial Liga Primer Inggris setelah penyelidikan selama empat tahunBekas striker Liverpool Stan Collymore menyerukan pencopotan gelar Liga Primer Inggris Manchester City, setelah The Citizens didakwa melanggar berbagai aturan finansial.Senin (6/2) kemarin, Man City didakwa oleh Liga Primer setelah investigasi jangka panjang selama emp...

live.7mbola.com
Manchester City
Liga Primer Inggris
{by} goal.com/id
Legenda Real Madrid Raul Gonzalez Tolak Tawaran Tukangi Leeds United

live.7mbola.com - Raul Gonzalez lebih tertarik untuk melanjutkan karier kepelatihannya bersama Real Madrid Castilla alih-alih ke Liga Primer.APA YANG TERJADI? Baru-baru ini Leeds United telah memecat manajer mereka Jesse Marsch karena performa tim yang tak kunjung membaik. Sampai saat ini, The Whites masih mencari penggantinya dan pilihan mereka jatuh pada legenda Real Madrid Raul Gonzalez, yang k...

live.7mbola.com
Raul Gonzalez
Real Madrid
Liga Primer
Leeds United
{by} goal.com/id
"Perpanjangan Kontrak Lionel Messi Omong Kosong!" - Rencana Paris Saint-Germain Pertahankan Sang Megabintang Adalah Mimpi Buruk

live.7mbola.com - PSG telah diperingatkan oleh Jerome Rothen bahwa perpanjangan kontrak untuk Lionel Messi akan menjadi "omong kosong" dan "ide yang buruk".APA YANG TERJADI? Pembicaraan mengenai kontrak baru untuk Messi di PSG tetap berlangsung, dengan pemenang Piala Dunia tersebut menuju akhir kontraknya di Paris, yang bakal berakhir musim panas nanti. Les Parisiens ingin mempertahankan La Pulga,...

live.7mbola.com
PSG
Jerome Rothen
Lionel Messi
Piala Dunia
{by} goal.com/id
Untung dan Rugi Laga PSIS Semarang vs Persebaya Surabaya Ditunda

live.7mbola.com - Tak selamanya laga tunda merugikan kontestan Liga 1 2022/2023. Ada keuntungan yang bisa dirasakan PSIS Semarang dan Persebaya Surabaya ketika kedua tim batal tanding di Stadion Jatidiri, pada Rabu (08/02/23) sore.Laga PSIS vs Persebaya sebenarnya sudah dinanti-nanti penikmat sepak bola Tanah Air. Dua klub eks perserikatan itu sama-sama dipegang pelatih lokal, Aji Santoso dan Muha...

live.7mbola.com
Liga 1
PSIS Semarang
Persebaya Surabaya
{by} indosport.com
Para Legenda Timnas Indonesia Tuntut Perubahan di PSSI, Minta Gerbong Lama Keluar!

live.7mbola.com - Jelang Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI pada 16 Februari 2023, sejumlah legenda Timnas Indonesia berkumpul dan mengadakan diskusi terbuka di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, pada Senin (6/2). Mereka menyatukan suara menuntut perubahan besar dalam tubuh federasi.Salah satu kritikan datang dari Anjas Asmara. Mantan penyerang Timnas Indonesia dan Persija Jakarta itu menilai PSSI...

live.7mbola.com
PSSI
Timnas Indonesia
{by} bola.net
Merasa Dikerjai, Madura United Layangkan Protes Keras Kinerja Wasit

live.7mbola.com - Madura United harus menerima kekalahan dengan skor 2-3 saat menjamu Persis Solo dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan Pamekasan, Senin (06/02/23).Skor akhir memang tak bisa dirubah. Namun dalam prosesnya, tim berjulukan Laskar Sape Kerrab tampak sangat tidak menerima.Madura United pun merasa dikerjai dengan Choirudin selaku wasit yang memimpin laga. Klub ...

live.7mbola.com
Madura United
Persis Solo
{by} indosport.com
Jadwal Padat, LIB Kesulitan Atur Ulang Laga Tunda Liga 1

live.7mbola.com - Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB), Munafri Arifuddin menyampaikan, sisa pertandingan di Liga 1 2022/2023 dipastikan sangat padat. Apabila ada laga yang ditunda, maka berpotensi mengacaukan jadwal yang ditetapkan.Seperti diketahui, Liga 1 2022 dijadwalkan berakhir pada 16 April karena tidak boleh mepet dengan Piala Dunia U-20 2023 yang digelar di Indonesia pada 20 Mei-11 Juni....

live.7mbola.com
LIB
Liga 1
Piala Dunia U-20
{by} indosport.com
Lawan Persita Tangerang Ditunda, Persija Jakarta Alihkan Fokus Lawan Arema FC

live.7mbola.com - Persija Jakarta batal menghadapi Persita Tangerang di pekan ke-23 Liga 1 2022-2023. Dengan batal melawan Persita Tangerang, tim macan kemayoran mengalihkan fokus melawan Arema FC.Persija Jakarta batal melakoni laga pekan ke-23 Liga 1 2022/2023 melawan Persita Tangerang yang direncanakan berlangsung di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Selasa (07/02/23), pukul 15.00 WIBSejatinya...

live.7mbola.com
​Persija Jakarta
Liga 1
Arema FC
{by} indosport.com
Sudah Berpisah, Javier Roca Semangati Arema FC di Tengah Situasi Sulit

live.7mbola.com - Arema FC telah memutuskan untuk mencapai kesepakatan berpisah dengan Javier Roca, jelang melakoni jadwal pekan ke-23 Liga 1.Kekalahan 0-1 ketika menjamu PSM Makassar di Stadion PTIK Jakarta menjadi pemantik terhadap evaluasi yang digelar klub.Arema FC pun membagikan cuplikan video melalui media sosial resmi klub, perihal bagaimana situasi perpisahan yang dilakukan Javier Roca.Pel...

live.7mbola.com
Arema FC
Javier Roca
Liga 1
{by} indosport.com
Arsenal Harus Waspada! Manchester United Juga Punya Daya Pikat Kuat Rekrut Rice

live.7mbola.com - Arsenal harus waspada lagi sebab raksasa Liga Inggris (Premier League), Manchester United, juga punya daya pikat kuat rekrut pemain West Ham United, Declan Rice.Sebagaimana diketahui, lini tengah merupakan sektor paling vital bagi sebuah tim, tak terkecuali untuk Arsenal atau Manchester United.The Gunners biasanya harus pontang-panting dalam menjalani musim karena kurangnya kuali...

live.7mbola.com
Arsenal
Liga Inggris
Manchester United
West Ham United
{by} indosport.com
Dalian Aerbin(féminines)
06/03/2019 04:00 VS Pas commencé
Dalian Aerbin(féminines)
Classement
D E
Matchs joués
73.5% Victoires 26.5%
Pts: 82 Rang: 1 Pts: 82 Rang: 1
Domicile
73.5% Victoires 26.5%
Pts: 82 Rang: 1 Pts: 82 Rang: 1
Extérieur
73.5% Victoires 26.5%
Pts: 82 Rang: 1 Pts: 82 Rang: 1
Últimos 6
73.5% Victoires 26.5%
Pts: 82 Rang: 1 Pts: 82 Rang: 1
Derniers 8 paris (AH)
D E
G P G P G P G P
Victoires: 62.50%
G P G P G P G P
Victoires: 62.50%
Plus
Rang
Équipe
Pts
Rang
Équipe
Pts
Rang
Équipe
Pts
Rang
Équipe
Pts
Rang
Équipe
Pts
Rang
Équipe
Pts